Kamis, 12 April 2012

Tips Promosi Wisata Korea Selatan

Gunung Seorak, salah satu obyek wisata Korea Selatan
Korea saat ini merupakan suatu negara maju yang memiliki keindahan pariwisata yang tak kalah dengan Indonesia. Obyek Wisata Korea Selatan yang memiliki keunikan tersendiri akan sangat cepat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, bagi masyarakat Indonesia, Korea sudah sangat lekat dan sangat diminati baik dari fashion, makanan, entertainment dan tentu juga dengan tempat wisatanya. 

Tempat –tempat wisata Korea Selatan memang pada dasarnya sangat indah dan unik. Saya sangat mencintai panorama dan pemandangan disetiap obyek wisata Korea Selatan. Hal inilah yang mendorong saya untuk turut mempromosikan pariwisata Korea Selatan dan juga pariwisata Indonesia tentunya. Seperti yang kita ketahui bahwa pariwisata Korea terkenal karena pengaruh Hallyu Wave yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Dan kita juga tau, penggemar Hallyu di Indonesia ini sangat besar dan mereka sangat aktif dalam mencari informasi terbaru tentang Korea. Sehingga hal ini menjadi kemudahan untuk mempromosikan pariwisata Korea Selatan.



Saat mengikuti event yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization Indonesia yaitu kontes TOUCH KOREA TOUR ini saya sudah memeliki banyak rencana untuk mempromosikan wisata Korea Selatan dengan cara saya. Cara atau tips saya untuk mempromosikan wisata Korea Selatan adalah sebagai berikut :

1.  Forum


Forum adalah salah satu wadah para netizen untuk berdiskusi dan berbagi informasi
Dunia internet di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang dan memiliki peminat yang terus bertambah. Salah satu situs internet yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah forum. Forum merupakan sarana atau ruang berdiskusi antar netizen didunia internet. Forum sangat diminti oleh para netizen karena melalui forum mereka akan mendapatkan informasi, bertukar informasi, memberikan informasi, berkomunikasi, dan berpendapat dengan netizen lainnya. Beberapa situs forum yang paling diminati netizen Indonesia adalah Kaskus.us, detikforum.com, vivaforum.com, indowebster.web.id, dll. Hal-hal yang dibahas diforum pun terbilang luas, mulai dari masalah politik, gosip, pariwisata, entertainment, dll.

Nah, karena saya merupakan seseorang yang sangat mengetahui tentang forum dan saya juga memiliki pengalaman didunia forum, maka saya pun akan mengunakan jasa forum untuk menshare informasi tentang tempat wisata Korea Selatan melalui beberapa website forum. Saya memilih menggunakan forum dengan alasan karena forum memiliki banyak pengunjung dibandingkan dengan blog, pengunjung forum terbilang sangat aktif untuk tanya-jawab dan berbagi informasi, memiliki banyak katagori pembahasanan sehingga saya bisa membahas tentang Korea Selatan dengan beberapa katagori, dan artikel yang saya share di forum bisa bertahan lama dan semakin hari akan semakin bertambah pengunjungnya. Di website forum kita bisa memposting artikel dengan ditambahkan video, gambar, dan juga backlink.

      2.  Youtube
Youtube, video network dengan pengunjung terbanyak
Ada beberapa alasan mengapa saya memilih situs youtube untuk menjadi sarana promosi wisata Korea Selatan:
  •           Youtube merupakan video network yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia
  •           Pengunjung atau user youtube tergolong sangat aktif dalam memberikan masukan dan komentar divideo
  •           Video-video yang ada di youtube mudah untuk dishare ke SNS, forum, blog, atau situs lain. Dan tidak perlu login untuk mensharing video youtube ke website lain.
  •           Memasukkan video kesitus youtube terbilang mudah dilakukan.
  •           Masyarakat Indonesia sangat paham dan gemar mengunjungi youtube.
  •           Youtube tidak memiliki banyak peraturan untuk user yang ingin mengapload video disana. Hanya perlu login dan nanti pihak youtube yang menyeleksi video kita layak atau tidak untuk diposting.
Saya akan mengapload video tentang pengalaman liburan saya saat berkunjung ke Korea Selatan di youtube. Setelah itu saya akan mensharing video saya ke forum, SNS, blog, dll. Dengan begini video yang saya tampilkan bisa cepat menyebar dan juga pengunjung lain bisa ikut mensharing video saya.

      3.  SNS (Facebook dan Twitter)
SNS Facebook dan Twitter merupakan SNS paling terkenal
Sebagai seorang yang aktif disocial network, saya tentunya memiliki account SNS seperti facebook, twitter, dan myspace. Namun saat ini yang paling dominan dan banyak digunakan adalah facebook dan twitter. Dengan menggunakan account saya ditwitter dan facebook saya akan mempromosikan pariwisata Korea Selatan dengan mensharing video saya di youtubu, artikel forum, atau blog de beberapa teman saya di facebook. Begitu pula dengan twitter, saya akan mensharing info yang saya punya ke twitter, dan saya juga akan mention keteman-teman dan juga account twitter beberapa situs wisata atau twitter grub lain. 

      4.  Blog

Blog memberikan informasi lengkap dan sangat cocok untuk promosi di Internet
Blog adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk memberikan informasi tentang sesuatu atau mempromosikan suatu hal. Walaupun saya bukan pakar dibidang blogging, namun saya cukup paham dalam mengoprasikan blog. Selain itu juga saya memiliki blog dengan rating yang cukup tinggi dan memiliki lebih dari 70 teman dan ratusan komentar diartikel-artikel saya. 

Dengan menggunakan blog ini, saya akan membuat artikel tentang wisata Korea Selatan dan juga pengalaman saya mengunjungi Korea Selatan. Dalam artikel itu juga saya akan memasukan video saya diyoutube dan juga foto-foto yang saya ambil ketika saya berada di Korea Selatan. Setelah itu, teman-teman saya yang tertarik dengan saya akan memberikan komentar dan kemungkinan besar mereka akan mensharing artikel saya ke SNS mereka sehingga informasi dari artikel saya akan turut menyebar. 

5.  Metablog

Vivalog, salah satu metablog yang disediakan oleh situs vivanews.com
Selain blog, metablog juga merupakan fasilitas yang akan saya gunakan untuk mempromosikan dan memberikan informasi tentang Korea Selatan kepada orang lain. Metablog sendiri merupakan situs blog dimana kita bisa memasukan artikel dari blog kita, dan menambah jumlah pengunjung blog karena pengunjung yang membaca tulisan kita di metablog akan langsung masuk ke blog kita. Metablog perannya sangat penting untuk menambah jumlah pengunjung blog dan juga membuat blog kita menjadi lebih terkenal. Contoh metablog yang terkenal adalah vivalog (vivanews.com), kompasiana(kompas.com), infogue, lintas berita, lintas me. Selain itu, fungsi metablog juga sebagai alat bantu agar artikel blog kita tampil dihalaman pertama search engine seperti google.com  atau yahoo.com.
  
6.  Photo Network

Photobucket sebagai salah satu fasilitas untuk berbagi foto
Selain video network seperti youtube, ada juga photo network seperti flickr, tumblr, photobucket, dll yang akan saya gunakan sebagai sarana mempromosikan pariwisata Korea Selatan. Sama seperti halnya video network youtube, photo network seperti tumblr dan photobucket pun sangat ampuh dalam mempromosikan dan memberikan suatu informasi. Hanya saja kita hanya bisa mensharing photo-photo dengan diberikan judul photo seperti lokasi, nama, dll.

Foto-foto yang saya ambil ketika berlibur di Korea akan saya apload diphoto network dan diberikan judul sesuai lokasi atau nama obyek wisatanya. Pengunjung yang tertarik dengan foto-foto saya akan mengunjungi profile saya, dan akan memberikan komentar. Selain itu, foto-foto tersebut juga bisa disharing kebeberapa situs termasuk SNS, blog, forum, dll.


Itulah ke-6 cara atau tips yang akan saya gunakan untuk mempromosikan wisata Korea Selatan ke masyarakat Indonesia terutama para netizen Indonesia. Jika saya diberikan kesempatan untuk menjadi pemenang dalam kontes blogger Touch Korea Tour ini saya akan melakukan yang terbaik untuk bisa membuat tempat wisata Korea Selatan menjadi lebih terkenal dan lebih diminati oleh masyarakat Indonesia.

3 komentar:

Heru Supanji mengatakan...

Informatif banget.... Makasih Kawan...

jimmy63 mengatakan...

heru supanji = okey mas makasih yaa udah mampir :D

zexo mustofa mengatakan...

kereeen praktis efectiv smart

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews