Senin, 16 April 2012

Kuliner Favorit di Korea


Salah satu jenis kuliner Korea Selatan
Sebagai negara dengan keaneka ragaman kuliner, Korea tengah menjadi lirikan para pecinta kuliner dari seluruh dunia, termasuk juga saya. Dari sekian banyak kuliner Korea, ada beberapa yang menjadi favorit wisatawan. Saya sebagai seseorang pencinta kuliner memiliki beberapa makanan yang sangat ingin saya coba jika saya berhasil memenangkan kontes blogger Touch Korea Tour dari Korea Tourism Organization Indonesia.

Sebenarnya ada banyak kuliner Korea yang menjadi favorit saya terutama yang unik dan menantang. Selain itu, banyak info yang mengatakan bahwa jajanan pasar Korea sangat terkenal enak dan manis. Di Indonesia sendiri ada beberapa restoran Korea yang menyediakan menu-menu khas Korea mulai dari yang biasa hingga yang sulit dimasak. Namun menurut saya, menyantap kuliner khas Korea tidak nikmat rasanya jika tidak pergi langsung ke negara asalnya yaitu Korea. Marilah kita simak kuliner favorit orang Korea, Wisatawan asing dan juga saya.

     1.  Sannakji

Bayi Gurita hidup sebelum dimakan
Bayi Gurita setelah dipotong-potong dan diberi tambahan bahan dan bumbu lain
Seorang Wanita memakan gurita hidup secara utuh
Sannakji merupakan salah satu makanan khas Korea yang sangat ingin saya coba dan juga merupakan salah satu makanan favorit wisatawan asing dan juga rakyat Korea. Sannakji merupakan makanan mentah asal Korea yang bahannya adalah bayi gurita. Cara memakannya, biasanya gurita yang masih hidup dipotong-potong lalu diberi minyak wijen dan biji wijen. Ada juga yang dimakan menggunakan saus Gochujang. Ada juga yang memakannya utuh tanpa dipotong-potong. Makanan ini sangat populer karena katanya orang bisa dikatakan kuat jika sudah makan makanan ini secara utuh. Hal itu dikarenakan memakan gurita secara utuh sangat berbahaya karena tentakelnya bisa tersangkut ditenggorokan dan bisa mempersempit pernafasan Anda. Saya tertarik untuk mencoba Sannakji jika saya berkesempatan untuk memenangkan kontes Blogger Touch Korea Tour ini untuk mengetes keberanian saya. 


     2.  Ramyeon

Seporsi ramyeon lengkap
Saya adalah seseorang yang sangat menyukai mie dan ramen. Oleh karena itu, kuliner Korea favorit saya lainnya adalah Ramyeon. Ramyeon adalah mie ramen khas Korea. Walaupun sama-sama jenis mie ramen, namun Ramyeon sangat berbeda dengan mie ramen dari Jepang. Jika biasanya ramen merupakan mie khusus yang dibuat sendiri oleh penjualnya, ramyeon Korea ini bisa saja terbuat dari mie instan yang dijual dipasaran (seperti mie goreng indof##d). Ramyeon ini juga sangat terkenal dan sangat populer dimakan oleh orang-orang Korea karena mudah dimasak dan rasanya sangat lezat. Dengan ditambahkan dengan potongan sayuran dan daging sapi, ramyeon siap untuk disantap.

     3.  Haemul Pajeon

Seloyang Haemul Pajeon disantap dengan saus kecap asin
Haemul Pajeon adalah makanan khas Korea lainnya yang pengen banget saya coba. Haemul Pajeon ini adalah sejenis pancake yang bahan-bahan isinya berupak daging ikan, kerang, udang, dll. Bisa disebut juga dengan seafood pancake (mirip martabak). Haemul Pajeon biasanya dihidangkan sebagai menu pembuka dan biasanya dimakan dengan dicelupkan ke kecap asin, saus, atau cuka. Walaupun bentuknya terlihat biasa saja, namun katanya rasa makanan ini sangat lezat sehingga bisa mengundang selera makan.

Itulah 3 makanan Korea Selatan yang sangat ingin saya cicipi jika saya berhasil memenangkan Kontes Blogger Touch Korea Tour dan bergabung dengan Touch Korea Team bersama 14 pemenang dari negara lainnya.

Sumber gambar :

2 komentar:

Leadership Developmant Training mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Orang miskin bukanlah seseorang yang tidak mempunyai uang,
tapi ia yang tidak memiliki sebuah mimpi.,
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

jimmy63 mengatakan...

to leadership developmant training = saya setuju gan sama pendapat tentang miskin itu :D

okey saya ke tkp yaa

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews