Minggu, 29 Januari 2012

"iGrave", Peti Mati Pertama Berbasis GPS


Seperti yang diketahui peti mati adalah sebuah wadah untuk meletakan mayat seseorang manusia atau hewan yang telah meninggal atau wafat. Selain berfungsi sebagai wadah, peti mati juga berfungsi sebagai pelindung untuk tubuh mayat tersebut agar tidak digrogoti oleh hewan tanah pemakan bangkai seperti cacing. Biasanya peti mati dibuat dari besi atau kayu dan tidak pernah dipasangi oleh komponen elektronik manapun karena memang peti mati ini tidak akan dipindahkan dari kuburan si mayat tersebut. Tapi alangkah hebatnya jika sebuah peti mati yang berfungsi sebagai wadah tempat meletakan mayat diberi sebuah GPS.


Sebuah pemilik rumah pemakaman di Amerika telah berhasil menciptakan intelegensia terbaru dalam sebuah peti mati. Meski secara fisik terlihat seperti peti mati konvensional, peti mati ini memiliki fitur GPS (Global Positioning System) yang memungkinkan seseorang mudah menemukan lokasi makam mendiang relasi atau keluarganya. Berdiri di atas tanah seluar 1,5 hektar, The Preserve yang berada di Lafayette, Indiana, AS, merupakan komplek pemakaman pertama di dunia yang menyediakan teknologi disk pemancar GPS di bagian tengah peti matinya. Baterai yang digunakan sebagai daya pemancar tahan hingga beberapa tahun.


Adapun peti mati yang disebut 'iGrave' ini menggunakan fitur GPS yang mengadopsi teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang biasa digunakan pada chipset untuk transaksi online pada kartu kredit. Dengan adanya pemakanan berteknologi tinggi seperti ini, memungkinkan para penziarah menemukan lokasi liang lahat yang tepat di mana tempat keluarga atau relasinya dimakamkan.



Selain jenazah yang dimakamkan dengan peti, teknologi GPS 'iGrave' ini juga diberlakukan untuk jenazah yang dikremasi dengan jangkauan pelacakan hingga 5 meter di bawah tanah. Diklaim, pemakaman seperti ini akan menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. "Peziarah akan diberikan reader khusus untuk mengarahkan mereka ke lokasi yang benar seperti membaca barcode. Mereka akan diberikan kordinat lokasi yang tepat dengan GPS," ujar Joe Canaday, pemilik pemakaman ini, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (24/1). Menurut saya peti mati 'iGrave' merupakan peti mati tercanggih saat ini. Jadi, siapa bilang teknologi tidak dibawa mati?

4 komentar:

Moro Moro Modern (M3) mengatakan...

Wah ternyata sekarang Peti mati juga dibikin canggih ya...
Nice info bro....
jalan juga ketempat saya ya....
http://bisnishobbi.blogspot.com

Danny Sihombing mengatakan...

mantep gan, mati aja harus bayar mahal buat GPS nya ya, hehehe... gimana kalo nenek gayung di petiin aja gan, hehhee

jimmy63 mengatakan...

moro moro =kyknya sekarang apa2 udah serba teknologi dan elektronik.. tubuh kita dipasang GPS biar gak ilang hehehe

jimmy63 mengatakan...

danny sihombing = itukan langsung dari pengelola kuburannya gan.. hahha nenek gayung mah manusia beneran

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews