Senin, 17 Oktober 2011

Tips Memilih Tablet PC atau Notebook

Sumber Gambar
Konsep komputer telah berubah. Jika dulu kita membayangkan sebuah komputer merupakan produk berdesain kotak yang terkesan kaku dan dilengkapi dengan keyboard, lain halnya saat ini. Komputer muncul dengan berbagai bentuk dan ukuran, yang paling bagus saat ini berbentuk tablet yang mengandalkan layar sentuh tanpa bantuan papan ketik atau keyboard.
Sumber Gambar
Peningkatan popularitas tablet PC tersebut kini malah dituding sebgai salah satu penyebab melambatnya pertumbuhan penjualan notebook dan netbook. Padahal, rata – rata vendor dan media memosisikan komuter tablet ini sebagai komputer ke dua, seagaipelengkp laptop dan notebook. Tapi di sisi konsumen, sering muncul kebingungan antara memilih tablet PC atau notebook. Ditambah gencarnya aksi penjual yang mempromosikan barang dagangannya, seringkali konsumen kurang puas akibat salah membeli.
Untuk memastikan anda data memaksimalkan produk yang anda beli, berikut ini ada tiga langkah yang dapat dijadikan panduan pengambilan keputusan saat harus membeli antara tablet PC atau notebook.
Sumber Gambar
Yang pertama Kenali kebutuhan anda.
Meski sama – sama tergolong sebagai komputer, namun tablet dan notebook dirancang untuk cara penggunaan dan tujuan yang berbeda. Bahkan, kebanyakan tablet PC yang beredar memiliki sistem operasi yang berbeda.
Akibat adanya perbedaan sistem operasi ini, maka aplikasi atau software yang digunakan juga berbeda. Contohnya, untuk notebook berbasis sistem operasi Microsoft Windows, anda mungkin akan menggunakan Microsoft Office atau Open Office untuk membuka naskah atau menyeselesaikan laporan keuangan. Berbeda halnya dengan tablet PC, aplikasi yang digunakan sama berbeda, baik dari segi kemampuan, fitur dan cara pengunaan. Jadi pastikan kebutuhan anda dapat dipenuhi perangkat yang baru dibeli tersebut.
Disini perbedaan yang paling mendasar lainnya terletak pada penggunaan keyboard. Walaupun anda dapat menggunakan tablet PC dengan keyboard tambahan, namun hapir semua aplikasi untuk tablet PC dirancang untuk memaksimalkan layar sentuhnya.
Sumber Gambar
Yang Kedua Hitung Dananya.
Begitu sudah mengenali kebutuhan anda, kini pastikan dana yang anda miliki cukup untuk membeli yang mana. Saat menghitung dana yang disiapkan untuk membeli tablet PC atau notebook, pastikan ada dana tambahan untuk membeli aksesoris pendukung atau garansi tambahan.
Beberapa tablet PC juga telah dilengkapi dengan facilitas mobile internet terintegrasi, yang memungkinkan koneksi internet melalui jaringan koneksi data operator seluler. Untuk notebook, seringkali anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk membeli dongle atau modem USB untuk terkoneksi ke internet.
Tergantung merek dan spesifikasi, harga tablet PC antara Rp. 1.500.000 s/d Rp. 8.000.000. sedangkan untuk netbook, antara Rp. 2.500.000 s/d Rp.6.000.000 dan notebook, antara Rp. 3.000.000 s/d Rp. 30.000.000. seringkali, perbedaan harga terletak pada merek dan beberapa fitur yang dimiliki.
Salah satu keuntungan membeli tablet keluaran merek terkenal adalah dukungan purna jual serta nilai jual kembali yang lebih baik. Sedangkan untuk notebook, mengingat spesifikasi yang cenderung lebih seragam, merek, desain dan harga akan menjadi pertimbangan utama.
Yang terakhir seberapa tinggi mobilitas anda.
Mungkin inilah pertimbangan yang paling menentukan. Bagi yang sering berpergian, membawa notebook kadang cukup membebani akibat ukuran dan bobotnya. Apalagi jika anda membawanya untuk waktu yang cukup lama, menggunakan tas notebook ala kadarnya.
Jika anda memiliki mobilitas tinggi dan kebutuhan hnya sekedar persentasi atau mengakses internet, maka tablet PC merupakan pilihan yang tepat. Selain ringan, tablet PC juga lebih dingin sehingga tidak menimbulkan masalah jika lupa dimatikan saat berada di tas. Daya tahan baterai yang panjang serta waktu menyala yang singkat menjadi nilai tambah yang patut dipertimbangkan.
Kesimpulannya.
Komputer tablet PC boleh dibilang masih tergolong pendatang baru, sehingga perkembangannya masih dalam tahap awal. Kedepannya, tablet PC akan memiliki kemampuan dan kegunaan yang lebih banyak. Baik notebook dan tablet PC memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri – sendiri. Jadi pastikan anda tidak salah pilih.

9 komentar:

blogdangkal™ mengatakan...

Notebook aja deh kalo mau beli mah, ya nggak?

*for your link building: Social Monkee

eMingko mengatakan...

saya pgn bgt bli tablet tpi apa dya dana tak sampai :( jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Restiono mengatakan...

Saya sudah punya leptop, tinggal beli tablet... :D

jimmy63 mengatakan...

blogdangkal = hahaha beli notebook juga jgn salah pilih lohh

jimmy63 mengatakan...

emingko = hehhe nabung dulu sob baru nanti beli tablet :D

jimmy63 mengatakan...

restiono = cocok dong artikelnya buat agan yang mau beli tablet

Bloggerafif mengatakan...

wah ane klo gitu beli netbook aj, lebih praktis Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

jimmy63 mengatakan...

blogerafif = ultrabook blom beli nih gann.. kyknya harganya masih juara yaa

Sweet Fairy mengatakan...

This is so nice. I really like the new products with new features. tablet pc

Poskan Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews