Selasa, 11 Oktober 2011

Mengenal Permasalahan Audio Mobil


Audio pada mobil merupakan komponen elektronik dan instalasi pasti mengalami proses penurunan kualitas. Bahkan, bukan saja penurunan kualitas tetapi kerusakan pada bagian audio tersebut yang bisa di sebabkan cara penggunaan yang kurang tepat sampai kelemahan pada produk itu sendiri.
Adapun tanda – tanda yang bisa dikatakan masalah pada audio, seperti :
Sumber Gambar
Pertama Tegangan aki menurun, ini bisa di sebabkan kapasitas air aki berkurang. Masalah ini bisa juga terjadi karena terminal pengisian (ground) longgar atau pengisiannya kurang. Akibat yang di timbulkan suplai listrik tergangu.
Kedua Terminal / kepala aki berkerak, apabila seperti ini bisa menyebabkan kurangnya tegangan dan bisa membuat sistem terganggu. Selain itu, sekring utama (main fuse) meleleh karena pengaruh panas kompartemen mesin akibat bagian pelindung yang juga meleleh.
Ketiiga Kerusakan pada pemutar CD. Disini terkadng d tandai dengan proses membaca CD yang agak lama. bahkan cenderung diam / skip sebelum masuk ke track lagu. Masalah tersebut dipicu pemakainan CD yang ketebalannya tidak sesuai standar atau CD sudah rusak / baret – baret.
Keempat Tombol volume. Head unit kadang berfungsi, kadang tidak. jika demikian, maka hal itu ditenarai oleh adanya kabel fleksibel yang putus didalamnya.
Kelima Kabel Ground RCA, putus di bagian dalam head unit. Ini membuat gejala storing (noise) muncul dari speaker.
Keenam Bunyi sember / kresek – kresek di speaker. Biasanya ini disebabkan kotoran masuk di antara voice coil dan magnet.
Sumber Gambar
Ketujuh Suara tidak sama. Biasanya ini suara akan terdengar lebih berat ke satu sisi karena salah satu speaker midrage atau tweeter mati. Penyebabnya biasanya terjadi solderan pada konektor speaker terlepas.
Kedelapan Seaker berasap, ada hubungan arus pendek listrik antara kabel speaker (karena sambungan berkarat) ke ground sehingga voice coil panas. Seperti kita ketahui, bila trjadi konsleting pada speaker, kondisi ini akan mempengaruhi kinerja power, bahkan yang lebih parah lagi menyebabkan malafungsi power amplifier jika tidak dilengkapi short circuit protection.
Sumber Gambar
Kesembilan Kerusakan tweeter. Dalam hal ini, nada high lama – lama menjadi sember. Masalah tersebut biasanya bisa terjadi karena faktor cuaca akibat perangkat sering tersorot sinar matahari. Kondisi ini dapat membuat diagfrahma tweeter menjadi getas.
Kesepuluh Subwoofer mati total. Ini akan terjadi akibat voice coil terbakar akibat overpower.
Kesebelas Distorsi. Biasanya akan terjadi pada subwoofer ketika berbarengan dengan bunyi bass. Permasalahan satu ini muncul kaerena suspense subwoofer sudah lemah atau ada kotorandiantara voice coil dan maget.
Sumber Gambar
Keduabelas Kerusakan pada potensiometer di power menyebabkan suara di speaker berat sebelah.
Ketigabelas Timbul suara”jedug” saat sistem difungsikan atau dimatikan. Ini terjadi karena ada kerusakan pada komponen power.
Dan yang terakhir karena ada kerusakan pada Power, bagian konus pada speaker “melotot” ketika sistem difungsikan. Artinya, yang keluar dari power ada arus DC (seharusnya arus AC). Ini lantaran solderan pada papan PCB kendor atau bisa juga disebabkan kotoran yang menempel.
nah demikian yang harus diperhatikan untuk audio mobil kita bila terjadi masalah dan harus cepat di tanggulangi agar permasalahan tersebut tidak menjadi kerusakan pada audio anda dan tidak merembet ke masalah yang lainnya. Nah sekian tips dari saya dalam Mengenal Permasalahan Audio Mobil bila ada kekurangan tolong ditambahkan.

7 komentar:

Riawan Djack mengatakan...

Ow, menarik gan.
pengalaman baru ini buat saya.
Share balik ya gan,
http://riawandjack.blogspot.com/

ASAZ mengatakan...

bagus gan buat pengetahuan sesekali akan di coba

eMingko mengatakan...

saya tdk punya mobil tpi lumayanlah buat nmbah ilmu :) mmpir ya jgn lupa mampir ke eMingko Blog

tonggenk mengatakan...

bole jg ilmunye bos...
audio ane da gngguan ni gan,klo dinyalain bunyi "Jedug" trus music yg lg distel mati tapi playernya ttep idup..kira2 da yg harus diganti ga tu gan???

welly modern mengatakan...

BAGUS ILMU BUAT SAYA GAN

Unknown mengatakan...

Mau nanya ,subwoofer saya bunyi jedug gitu,tapi di power lampu yang menyala tetap di power,terus subwofer saya mati itu apanya ya gan ??bagi infonya

Hady Aska mengatakan...

Pertanyan saya juga sama bang, kaya yg atas gimana ya??

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews