Kamis, 15 September 2011

Tips / Trik Membuat Foto Slow Speed Shutter


Pada dasarnya suatu foto disebut slow speed shutter apabila foto tersebut diambil dengan shutte speed yang rendah, sehingga muncul efek blur terhadap objek yang bergerak. Berikut ini saya akan memberikan sedikit tips / trik untuk membuat foto menakjubkan dengan teknik slow shutter speed. Anda yang memiliki kamera dengan shutter speed manual pastinya bisa melakukan tehnik ini.
Dalam membuat foto slow speed, anda mutla menempatkan kamera pada posisi yang stabil. Karena bila ada guncangan sedikit saja pada kamera akan membuat foto menjadi blur semua.
Foto slow speed juga identik dengan light painting. Perbedaannya, light painting menggunakan suasana yang benar – benar gelap sehingga yang terlihat di foto Cuma sumber cahaya saja.
Berikut ini tips dan trik membuat foto slow speed yang bagus :
Pertama : letakkan kamera di tempat yang stabil. Anda bisa menggunakan tripot atau meletakan kamera di tempat yang benar – benar stabil. Jangan tolerir tradap sedikit pun goyangan karena akan merusak hasil foto yang kita ingin hasilkan.
Kedua : gunakan fitur self timer. Sering kali kamera sedikit bergoyang ketika anda menekan tombol shutter dan mulai menjepret. Maka untuk mengakalinya, gunakan self timer atau bisa juga menggunakan cable release.
Ketiga : sesuaikan durasi shutter. Jika anda memotret objek manusia, gunakan shutter speed yang tidak terlalu lama, mislanya sekitar 5”. Jadi dalam 5 detik objek foto sebaiknya jangan bergerak biar tidak blur. Bayangkan jika anda menggunakan durasi 20” misalnya, maka kemungkinn blur lebih besar, apalagi kalau objek susah untuk berpose diam.
Terakhir : foto yang over exposed atau under exposed. Jika bermain – main dengan foto slow speed biasanya kita pasti menjumpai foto yang over dan under. Nah, untuk mengatasi foto over, anda bisa set aperture ke yang lebih kecil, misalkan f/22 serta ISO ke nilai minimum. Untuk mengatasi foto under, set aperture ke nilai yang lebih besar, misalkan f/10 serta ISO ke nilai yng lebih tinggi untuk membantu pencahayaan.
Sekian saja tips dan trik membuat foto slow speed shutter, semoga membantu pembaca dalam membuat foto slow speed shutter.
Sumber Gambar

3 komentar:

JIMMY mengatakan...

foto shutter slow speed emang keren, gw paling suka hasil foto yang kyk beginian,soalnya hasilnya jadi keren banget *top

pasek mahesa dharma mengatakan...

postingannya bermaanfaat sekali buat saya yang juga hobi jepret,walaupun masih pemula tapi tips ini akan saya coba praktikkan,ditunggu postingannya yang lebih kerenn...

jimmy63 mengatakan...

jimmy = betul banget, gw pun suka sama trik foto yg ini

pasek = hehhe sama2 thanks ya udah mampir :D

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews