Rabu, 07 September 2011

Tips Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet dan Tahan Lama


AC (Air Conditioner) pada sebuah kendaraan roda empat / mobil memang sangat penting manfaatnya terutama di daerah perkotaan yang kondisi jalanannya kerap macet dan cuaca juga sangat panas sekali karena lebih banyak bangunan dari pada pepohonan.  Untuk itu cara penggunaan AC pun perlu diperhatikan agar AC tersebut tidak mudah rusak lantaran kurang perawatan, berikut ini dapat membantu anda melakukan perawatan AC sendii sebelum AC menjadi rusak berat.

Pertama jagalah selalu kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena kan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yantidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
Kedua saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yag bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
Ketiga memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu cukup lama, karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
Keempat periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila AC dihidupkan. Bila tidak segera diganti mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.
Kelima jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
Keenam jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturya.
Ketujuh sebelum menghidupkan mesin matikan AC telebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau mematikan mesin.
Kedelapan jangan memakai pengharum wangi – wangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan baud an susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran)
Kesembilan kalau ada gejala y tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang akan mengakibatkan biasa tinggi.
Terakhir lakukan perawatan rutin AC? Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receive Dryer, Oli Compresor, Services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar. 

6 komentar:

Angeline Enheart mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Angeline Enheart mengatakan...

terima kasih telah membagi tips cara mrawat ac mobil. AC mobil merupakan salah satu alat yang berguna dalam interior mobil. AC mobil memang harus dirawat untuk menjaga performanya. saya pernah membaca artikel yang hampir sama topiknya yaitu cara merawat AC mobil disini http://goo.gl/D6pLOk

TOP 1 TEKNIK BANDUNG mengatakan...

Numpang informasi saja, bagi Anda yang berada di kota Bandung dan sekitarnya yang membutuhkan jasa perbaikan AC dan alat elektronik rumah tangga lainnya, bisa mengunjungi link di bawah ini.
http://parahyangan18.blogspot.com

Riska Putri Ayumi mengatakan...

keren gan,
makasih yah info nya,,,,
Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru

merdeka transport mengatakan...

http://merdekatransport.blogspot.com/

Edo Yanuar mengatakan...

Service AC Jakarta Selatan
Service AC Jabodetabek

Posting Komentar

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews